Breaking News
Loading...

Misteri Angelo Faticoni, the Human Cork

09:09
Ads by Google
Pernah dengar istilah walking in the air? Ya berjalan di udara, salah satu gaya dasar dalam cabang olahraga loncat jauh, apa hubungannya dengan artikel kali ini? Sebenarnya tidak ada, yang saya bahas kali ini mengenai “walking it the water” terlalu berlebihan mungkin, lebih tepatnya floating in the water. Sederhana bukan? Banyak diantara anda yang bisa melakukannya, tapi sepertinya floating kali ini maksudnya mengambang, bukan berenang.

Angelo Faticoni bisa jadi merupakan manusia yang pernah ada yang mampu melakukannya, bagaimana dia melakukannya masih menyisakan misteri hingga saat ini. Dia bisa mengambang di air seperti gabus, karena itulah dijuluki Cork Man (manusia gabus). Angelo bisa tidur dengan posisi miring tapi tetap mengambang di air, dia mampu melakukannya selama berjam-jam, bahkan dengan ditambah beban berat sekalilpun.

Keistimewaannya sempat diuji di Universitas Harvard, di depan mahasiswa dan ahli dari Universitas Harvard dia mendemonstrasikan kemampuannya. Saya punya pertanyaan besar disini, bagaimana dia melakukannya?

Siapa Angelo Faticoni?
Angelo adalah seorang artis dalam sebuah pertunjukan yang di sebut Freak Show yang sangat populer di Amerika sekitar pertengahan abad ke 19 sampai pertengahan abad ke 20. Pertunjukan ini sering menampilkan wanita berjenggot, manusia kera, kembar siam, binatang aneh dll.


Salah satu aksi terhebat Angelo adalah ketika dia dimasukan ke dalam karung besar, kemudian dilemparkan ke sungai, belum cukup? Dia mengikatkan peluru meriam seberat 10 kg yang dirantai ke tubuhnya, para jurnalis melaporkan ditengah aksinya Angelo mengeluarkan kepalanya dari karung dan dia tetap tidak bergerak sama sekali selama beberapa jam.

Media pada masa itu menggiring opini publik bahwa Angelo melakukan trik dan kebohongan dalam setiap aksinya, tapi mereka tidak pernah bisa membuktikannya. Angelo berjanji untuk mengungkapkan rahasia dibalik kemampuannya mengapung setelah pensiun tampil di Freak Show, dimasa tuanya nanti. Sebelumnya mari kita cari jawabannya terlebih dahulu.


How could be?
Ada beberapa teori yang ingin saya kemukakan mengenai kemampuan Angelo, sama seperti ahli illusionis yang lain pasti dia memiliki trik-trik khusus, hanya saja apa? Itu yang menjadi pertanyaannya.

Parapsikologi
Pada masa itu, sebagian publik beranggapan bahwa kemampuan Angelo disebabkan karena aktivitas parallel existence, kemampuan ini dipercaya dimiliki Angelo dengan cara mengadakan semacam ritual atau perjanjian dengan arwah, yang akan menahannya untuk tetap mengapung selama melakukan pertunjukan. Sayangnya saya tidak mampu menjelaskan fenomena semacam ini.

Physich can answer?
Contoh sederhana, semua orang mengetahui kalau logam baja itu berat sekali. 1 m3 logam baja bisa memiliki massa sebesar 7750 kg. Bandingkan dengan air yang hanya memiliki massa sekitar 1000 kg setiap meter kubiknya. Jadi secara logika, harusnya logam baja tenggelam di air. Tapi kenapa kapal laut dari logam baja dapat mengapung di air? Pada kasus ini berlaku Hukum Archimedes. Jika baja dimasukan ke dalam air?

  • Tenggelam; Baja dengan volume 1 m3 tenggelam sepenuhnya di dalam air. baja mengalami 2 gaya. Satu gaya gravitasi yang menarik massa logam baja ke bawah. Gaya ini setara dengan massa logam baja yaitu 7750 kg. Gaya lainnya adalah gaya apung ke atas yang besarnya setara dengan massa air yang sekarang ditempati oleh logam baja, yaitu sebesar 1000 kg. Air yang ditempati oleh logam baja adalah sebesar 1 m3 (sama dengan volume logam baja yang terendam air) karena gaya kebawah lebih besar dari gaya ke atas, maka logam baja tenggelam. 
  • Melayang; Sekarang misalkan kita isi 87,1% bagian logam baja dengan udara, karena sekarang bagian dalam logam baja hanya berisi udara, maka artinya massanya menyusut menjadi tinggal 12,9% saja dari massa awal yang sebesar 7750 kg. Massa yang tersisa sekarang hanya 1000 kg. Akibatnya sekarang gaya ke bawah sebesar massa logam baja menjadi sama dengan gaya apung sehingga logam baja sekarang melayang di dalam air. 
  • Terapung; Jika kali ini kita isi bagian logam baja dengan 95% udara, artinya berat baja hanya 387,5 kg maka yang terjadi adalah Selama logam baja berada di dalam air, ia akan tetap mengalami gaya apung sebesar 1000 kg. Karena gaya apung sekarang lebih besar dari massa logam baja, maka logam baja mulai mengapung. Sayangnya yang kita bahas saat ini adalah tubuh manusia, bukan kapal.

Anomali Tubuh Manusia
Para ahli di Universitas Harvard pada waktu itu berpendapat kemampuan yang dimiliki oleh Angelo disebabkan karena perbedaan organ internal human cork ini dengan manusia normal, sayangnya kembali mereka tidak memiliki bukti-bukti yang mendukung teorinya. Jika kita kembali ke logika kapal dan masa jenis air, tapi kita rubah logam dengan tubuh manusia, katakanlah jika rata rata manusia memiliki tinggi 1,7m x lebar 0,45m x tebal 0,2m maka penampang total adalah 0,153m3, air dalam luas penampang yang sama memiliki massa sebesar 1000x0,153 = 153kg, katakanlah berat tubuh orang tersebut 75 kg, artinya orang tersebut akan mengalami gaya gravitasi sebesar 75kg dan gaya apung sebesar 153kg, jadi? Secara teori semua orang bisa mengapung, tapi pada kenyataannya tidak, sebagian besar akan tenggelam, menurut para ahli mengatakan kemampuan manusia untuk mengapung bisa dilatih, salah satu tekniknya adalah dengan rileks dan mengatur pernafasan. Jadi kenapa ada yang tenggelam? Salah satu penyebabnya adalah panik yang menyebabkan ritme pernafasan terganggu, bisa dipastikan kepanikan ini menyebabkan masuknya air ke paru-paru, penyebab lain bisa jadi arus air.  Oke saya masih butuh banyak masukan mengenai teori saya ini. Sebelum saya bisa membuktikan teori saya, mungkin video ini bisa memberikan sedikit gambaran mengenai teori ini.

video

Jadi bagaimana dengan Angelo? Trik apa yan digunakannya sehingga mampu memiliki kemampuan seperti itu? Sayangnya dia meninggal sebelum memenuhi janjinya untuk membeberkan rahasanya, Angelo meninggal di usia 72 tahun, pada bulan agustus 1931, jadi misteri ini ikut terkubur bersamanya.

2komentar:

 
Toggle Footer