Breaking News
Loading...

Misteri Friday the 13th, Sejarah, Konspirasi dan Keserakahan

10:13
Ads by Google
Friday The 13th, jangan pernah mengatakan anda adalah penggemar misteri jika tidak pernah mendengar istilah ini, saya yakin, jika ada sarjana jurusan misteri, Friday The 13th pasti akan menjadi salah satu mata kuliah dasar yang wajib mendapat nilai A. Banyak teori mengenai kenapa hari jumat tanggal tiga belas dianggap hari yang penuh misteri dan pembawa kesialan, bahkan jika anda ingin membeli rumah, disamping rumah no 12, pasti anda akan menemukan no 12A, bukan no 13, wajar karena angka 13 dianggap angka sial, jadi hanya segelintir orang saja yang mau memiliki rumah no 13.

Dari sekian banyak teori mengenai friday the 13th, buku History of Modern Europe menuntun saya untuk mendalami sejarah Ksatria Templar. Mendengar kata sejarah mungkin anda sudah bosan atau sebagian berhenti membaca posting kali ini, oke saya buat singkat dan sederhana. 


Sekitar tahun 1119 setelah Crusade yang pertama, seorang bangsawan prancis, bernama Hugues de Payens, bangsawan dari Champagne mengumpulkan delapan ksatria termasuk Godfrey de Saint-Omer, dan mulai membentuk Orde, misi utama mereka melindungi para peziarah dari para perampok dalam perjalanan mereka ke Yerusalem. Mereka meminta Raja Baldwin II dari Yerusalem, yang kemudian mengijinkan mereka untuk memiliki markas di Temple Mount. Mereka kemudian dikenal sebagai the Pauperes commilitones Christi Templique Solomonici – Ksatria  Kristus dan Kuil Sulaiman, yang kemudian lebih dikenal sebagai Knight Templar.

Anggota awal Orde ini terdiri dari Hugues de Payens dan delapan ksatria, dua diantaranya adalah saudara, dan mereka semuanya memiliki hubungan darah atau terikat oleh hubungan pernikahan, Godfrey deSaint-Omer, Payne de Monteverdi, Archambaud de St Agnan, Andre de Montbard, Geoffrey Bison dan dua pria yang dikenal hanya dengan nama Rossal dan Gondamer. Ksatria ke sembilan sampai sekarang masih menjadi perdebatan,  spekulasi yang berkembang dia adalah Count Hugh of Champagne, meskipun Count kembali ke Prancis pada tahun 1116, tapi beberapa bukti menyebutkan dia bergabung dengan Ksatria Templar pada kunjungan ketiganya ke Yerusalem.

Tidak banyak yang terjadi pada orde ini dalam sembilan tahun awal mereka berdiri, tapi di tahun 1129, setelah mereka secara resmi dikukuhkan oleh gereja dalam Council Of Troyes, mereka menjadi sangat terkenal di seluruh penjuru eropa, kampanye penggalangan dana mereka meminta sumbangan uang, tanah, atau putra-putra mulia kelahiran bangsawan untuk bergabung dengan Orde, dengan implikasi bahwa sumbangan akan membantu baik untuk membela Yerusalem, dan memastikan pemberi amal tempat di surga.


Ksatria Templar menjadi pasukan elit pada masa itu, sangat terlatih dengan perlengkapan perang yang sangat lengkap, memiliki motivasi tinggi, salah satu doktrin dalam orde mereka adalah mengharamkan mundur dalam pertempuran, meskipun kalah jumlah satu berbanding tiga, meskipun komando dari pemimpin mereka memerintahkan untuk mundur, atau bendera mereka telah tumbang, bahkan kuda-kuda mereka sangat terlatih dalam peperangan, dengan baju zirah lengkap. Kombinasi antara pejuang dan rahib dalam setiap prajurit menjadikan mereka salah satu kekuatan terhebat dimasanya.

Pasca Crussade

Setelap pertempuran Siege Of Acre 1291, (fall of acre) Ksatria Templar memindahkan markas pusatnya ke kepulauan Cyprus, pada tahun 1300, Ksatria Templar mencoba mengambil alih pantai Tortosa, mereka berhasil menguasai pulau Arwad di dekat Tortosa, tetapi kemudian dipukul mundur oleh pasukan Salahudin, dengan kekalahan ini, Ksatria Templar telah kehilangan pijakan di wilayah Yerusalem, Tanah Suci. Orde Templar dengan cepat kehilangan arah dan dukungan, tetapi mereka masih memiliki kemampuan finansial yang sangat kuat, ketidakstabilan situasi ini menuntun mereka ke kehacuran. 

Terbentuknya Ksatria Templar adalah peristiwa besar yang terjadi pada abad pertengahan, dan kehancuran mereka tercatat sebagai peristiwa bersejarah. Tapi mereka tidak sepenuhnya hancur,  sekitar 15000 rumah Templar tersebar di seluruh penjuru Eropa, mereka memiliki kekuatan finansial yang cukup untuk membeli sebuah kerajaan, hal ini yang menyebabkan munculnya kecemburuan atau lebih tepatnya ketakutan kalangan bangsawan Eropa. Orde ini adalah ancaman, ksatria ini sangat baik dalam menggunakan pedang dan mereka adalah ahli finansial, banker dengan pedang mungkin tepat menggambarkan siapa mereka. Merekalah pencipta sistem perbankan modern, sistem cek perjalanan adalah hasil ciptaan mereka, bahkan termasuk uang kertas itu sendiri.

Kecemburuan terbesar muncul di Prancia, raja Philip IV merasa mereka terlalu kaya dan sangat kuat, disamping raja butuh pemasukan tambahan, yang tidak mungkin bisa dipenuhi dengan pajak, dia ingin melipatgandakan keayaannya, maka Raja mengeluarkan beberapa tuduhan untuk menghancurkan Orde.


Fajar, Jumat 13 oktober 1307, dibawah perintah Raja Philip IV dari Prancis dan atas persetujuan Paus, Tentara kerajaan dengan operasi terencana melakukan penangkapan semua Ksatria Templar di Prancis, sekitar 15.000 anggota templar ditangkap hari itu, dan hanya 20 orang yang berhasil lolos ? (literatur lain menuliskan hanya sekitar tiga ratus anggota templar tertangkap). Berbagai tuduhan telah dibuat terhadap mereka berhubungan dengan bid'ah, penghujatan dan amoralitas. Hampir semua disiksa sampai mati untuk membuat mereka melakukan "pengakuan", banyak yang dieksekusi. Semua aset mereka diambil oleh raja, jadi itu adalah operasi yang sangat menguntungkan untuk Philip IV tentunya.

Darah Templar mengalir di seantero Prancis, Grand Master terakhir Order ini, Jacques de Molay – salah satu ksatria yang tertangkap pada Jumat Oktober 13th 1307 - disiksa dan kemudian dibakar ditiang pada 1314 di depan Katedral Notre Dame. Kata-kata terakhirnya adalah kutukan kepada raja Perancis dan Paus. Kebetulan, paus mati satu bulan kemudian dan raja meninggal kecelakaan dalam perjalanan perberburan sembilan bulan kemudian. Peristiwa inilah yang melatar belakangi legenda Friday the 13th dan kesialan angka 13.

Apakah para Templar benar-benar hancur? Sepertinya tidak, sebagian dari anggota templar atas perintah paus kemudian bergabung dengan Ksatria Hospitaller, tetapi bagian dari orde ini diperkirakan bertahan di Portugal dan merubah namanya menjadi Order of Crist, orde ini dianggap sangat berperan dalam kemajuan bidang pelayaran di Portugal, Pangeran Henri the Navigator, memimpin Portugis untuk menjelajah dunia selama 20 tahun, ini akan melibatkan kepulauan nusantara di abad ke 16.

Beberapa peneliti mempercayai sebagian Ksatria Templar besembunyi di pegunungan Alpen, berdasarkan kenyataan yang mengejutkan ketika 1500 petani Swiss menghancurkan 5000 tentara Leopold I dari Austria, petani yang tiba-tiba berubah menjadi prajurit terlatih. Sebagai tambahan pada masa ini, Swiss adalah negara dengan sistem perbankan terbaik di dunia saat ini, suatu kebetuan kah?

simbol templar

bendera Swiss

Sebuah teori konspirasi yang sangat populer menghubungkan dengan Holy Blood, Holy Grail yang dibawa oleh Ksatria Templar yang berhasil melarikan diri dari Prancis menggunakan 18 kapal dayung, menuju La Rochelle. Armada itu diduga meninggalkan Prancis dengan membawa harta Ksatria Templar sebelum adanya surat perintah penangkapan Ordo pada bulan Oktober 1307. Hal ini, didasarkan pada kesaksian dari Jean de Chalon, yang mengatakan ia telah mendengar orang berbicara bahwa harta Gerard de Villiers dimasukkan ke laut dengan 18 kapal dayung, dan saudara Hugues de Chalon melarikan diri dengan  seluruh harta Hugues de Pairaud.



Satu teori lagi saya kemukakan, Mason mungkin didirikan oleh keturunan dari beberapa Ksatria Templar, salah satunya Robert the Bruce  dari Skotlandia (Scottish Rite dari Freemason). Beberapa simbol dan ritual Templar telah dimasukkan ke dalam ritual Masonik. Mungkin akan saya bahas lain waktu. Sampai saat ini Legenda Ksatria Templar terus hidup disertai ratusan teori konspirasi yang mengiringinya.

10komentar:

  1. Bagus Mas! :D

    Update terus ya. Saya tunggu. :)

    ReplyDelete
  2. Makasih sob infonya
    Ane juga kyaknya pernah nonton filemnya tapi lupa judulnya. :)
    Sukses tuk blognya ya

    ReplyDelete
  3. Eh keren ceritanya....
    Apalagi analisa sendiri...

    ReplyDelete
  4. keren banget mas sumpah. update2 lagi ya sejarah2 dunianya :D

    ReplyDelete
  5. keren banget mas analisin nya ! ditunggu cerita dunia selanjutnya :p

    ReplyDelete
  6. Tapi tarikh lahir saya 13 Ogos.. ok kah tu?

    ReplyDelete

 
Toggle Footer