Breaking News
Loading...

Keracunan Setelah Makan Mie dan Coklat - Penjelasan

17:10
Ads by Google
Sebuah pesan yang masuk ke inbox saya tadi malam.
SEKEDAR INFO!! Ada seorang Wanita meninggal mendadak dengan 'Kelima Panca Indera keluar nanah. Setelah diselidiki ternyata Wanita ini meninggal, bukan karena 'Bunuh Diri' atau 'Dibunuh', melainkan karena ketidaktahuan tentang 'Racun akibat Makanan'. Wanita ini memiliki kebiasaan makan coklat, tiap hari, ini tidak masalah. Masalahnya, malam itu wanita ini kebanyakan makan 'MIE GORENG'. Sebenarnya cuma makan mie goreng saja juga tidak masalah, karena orang rumahnya juga banyak makan mie malam itu dan tak ada yang meninggal.


Tetapi, karena MIE itu mengandung 'Arsenic Pentoxide' (As2O5)  dan berhubung habis makan MIE wanita itu makan COKLAT. Terjadilah "Reaksi Kimia" di dalam perut yang membuat 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Inilah yg Mengakibatkan :
  • Hati
  • Jantung
  • Ginjal
  • Pembuluh darah rusak
  • Usus Berdarah
  • Pembuluh darah Melebar
Sehingga wanita itu Meninggal dengan sangat Mengenaskan dengan Kelima Panca Indera 'Keluar Darah' saat itu. Jadi Hati-hati!! Jika habis banyak makan.
  • MIE goreng
  • MIE kering
  • MiE soto
Jangan makan coklat pada saat yang 'Bersamaan' !!!
Copy paste-lah jika Anda 'Merasa' ini cukup 'Penting' (y) Kasih tau ke semua Teman atau Keluarga. - Mari berbagi Kepedulian Kita dengan Sesama!!! PENTING BANGET!!! Jangan ragu2 untuk broadcast jika bermanfaat.


Sepertinya tidak ada yang aneh, sampai saya membaca
  • Ada seorang Wanita meninggal mendadak dengan Kelima Panca Indera keluar nanah. 
  • MIE itu mengandung 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) .
  • Terjadilah "Reaksi Kimia" di dalam perut yang membuat 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun.
  • Sehingga wanita itu Meninggal dengan sangat Mengenaskan dengan Kelima Panca Indera 'Keluar Darah' saat itu.
Penjelasan
Arsenik adalah suatu unsur kimia metaloid (semilogam) golongan VA, berwujud bubuk putih, tanpa warna dan bau (karena itulah arsen sangat dikenal dalam urusan racun-meracun makanan!). Arsenik dalam kehidupan sehari-hari (diluar racun-meracun) digunakan untuk bahan pestisida buah-buahan. Galium arsenid dapat dipakai sebagai bahan semikonduktor rangkaian listrik. Arsenik juga dipakai dalam industri  pewarna dan cat. Dalam kehidupan sehari-hari, air minum dan makanan kita pun mungkin mengandung arsenik dalam jumlah kecil. Konsentrasi arsenik yang dianggap tidak berbahaya dalam air minum oleh WHO adalah kurang dari 10 ppb (part per billion). arsenik juga menjadi bahan pestisida yang dipakai untuk menyemprot sayur dan buah.

Bentuk arsenik yang terkenal adalah As2O3, alias Arsenic Trioxide atau Warangan. Warangan ini bentuknya berupa bubuk berwarna putih yang larut dalam air. Bentuk lainnya adalah bubuk kuning (As 2S3)  dan bubuk merah realgar (As4 S4). Keduanya sempat populer sebagai bahan cat, namun karena toksik akhirnya mereka tidak dipakai lagi. Adapun bentuk gasnya, yang juga beracun; adalah arsen (As2 H3). Mengapa arsenik beracun? Arsenik mampu menghambat produksi ATP, sumber energi bagi sel-sel hidup, melalui berbagai mekanisme.  

Keracunan arsenik dapat terjadi dalam 2 cara, yaitu akut dan kronik.

Akut 
Arsenik diberikan dalam satu dosis tunggal yang sangat besar dan langsung mematikan. Dosis ini kira-kira sebesar 120-200 mg pada orang dewasa atau 2 mg/kgBB pada orang dengan berat badan kurang dari 60 kg. Untuk urusan peracunan, biasanya pelaku mencampurkan arsenik dalam makanan dalam dosis beberapa kali lipat, untuk mengantisipasi korbannya muntah-muntah akibat keracunan akut ini. Gejala keracunan akut terdiri atas mual muntah hebat yang disertai sakit perut. Napas penderita berbau seperti bawang putih. Kadang ia langsung kejang-kejang dan koma. Tekanan darah korban langsung turun dan ia tampak seperti orang dehidrasi berat.

Kronik
Cara yang “cocok” dilakukan oleh koki atau juru masak yang punya urusan atau dendam pribadi dengan majikannya. Di sini si pelaku memasukkan arsenik dalam jumlah non letal berkali-kali dalam makanan korbannya, untuk membuatnya sakit-sakitan. Suatu saat si korban diberi arsenik dalam jumlah sangat besar. Penderita keracunan kronik mula-mula mengalami gejala keracunan seperti keracunan akut, tapi lama-kelamaan datang gejala tambahannya. Ia akan mengalami perubahan warna kulit menjadi kelabu atau  kehitaman, gangguan fungsi hati, fungsi jantung, fungsi paru-paru, dan fungsi ginjal. Fungsi saraf tepi juga terganggu secara simetris. Tapi yang paling jelas adalah kukunya, di mana terlihat garis-garis horizontal bersusun-susun, Garis ini disebut Mees lines. Garis ini berguna dalam penyelidikan ahli forensik karena  dengan mengukur panjang kuku dan jarak antara garis, ahli dapat menentukan berapa lama sekali si korban diracun arsenik.

Arsenic pentoxide adalah senyawa anorganik dengan formula As2O5 Zat ini bisa terbentuk dengan memanaskan As2O(Arsen trioksida) dan oksigenArsenic Pentoxide terurai menjadi oksigen dan Arsenic Trioxide juga dengan cara dipanaskan.

Isi pesan vs Fakta
  • Isi pesan ; Karena MIE itu mengandung Arsenic Pentoxide' (As2O5) Fakta: Arsenic adalah racun yang sangat berbahaya, jadi mie apa yang memiliki kandungan Arsenic Trioxide (As2O3) dan siapakah yang memasukan zat macam itu kedalam makanan?
  • Isi Pesan ; berhubung habis makan MIE wanita itu makan COKLAT. Terjadilah "Reaksi Kimia" di dalam perut yang membuat 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Fakta; Arsenic pentoxide adalah senyawa anorganik dengan formula As2O5 Zat ini bisa terbentuk dengan memanaskan As2O(Arsenic trioxide) dan oksigenArsenic Pentoxide terurai menjadi oksigen dan Arsenic Trioxide juga dengan cara dipanaskanJadi pemanasan seperti  apa yang bisa terjadi didalam perut wanita itu yang bisa merubah Arsenic Pentoxide menjadi Arsenic Trioxide? 
  • Kenapa harus berubah? tanpa berubah pun Arsenic Pentoxide sama berbahayanya dengan Arsenic Trioxide.
  • Isi Pesan: Ada seorang Wanita meninggal mendadak dengan 'Kelima Panca Indera keluar nanah. Isi pesan; Inilah yg Mengakibatkan : Hati, Jantung, Ginjal, Pembuluh darah rusak, Usus Berdarah, Pembuluh darah Melebar, Sehingga wanita itu Meninggal dengan sangat Mengenaskan dengan Kelima Panca Indera 'Keluar Darah' saat itu. Fakta; Gejala keracunan akut dicirikan dengan mual muntah hebat yang disertai sakit perut. Napas penderita berbau seperti bawang putih. Kadang ia langsung kejang-kejang dan koma. Tekanan darah korban langsung turun dan ia tampak seperti orang dehidrasi berat. Penderita keracunan kronik mula-mula mengalami gejala keracunan seperti keracunan akut, tapi lama-kelamaan datang gejala tambahannya. Ia akan mengalami perubahan warna kulit menjadi kelabu atau  kehitaman, gangguan fungsi hati, fungsi jantung, fungsi paru-paru, dan fungsi ginjal. Fungsi saraf tepi juga terganggu secara simetris. Tapi yang paling jelas adalah kukunya, di mana terlihat garis-garis horizontal bersusun-susun, garis ini disebut mees lines. Jadi bukan dengan seluruh panca indra mengeluarkan darah, apalagi nanah.

50komentar:

  1. mungkin wanita yang meninggal mengeluarkan nanah itu bukan karena makan mie + coklat, Gan. Tapi karena durhaka sama orang tua (masih inget film-film hidayah itu kan ?). Hehehehe.......................(R)........................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loe Gila. Tapi Sebenarnya ada sih dua macam yang menyebabkan kecelakaan itu.Seperti Dosa Yang Besar atau ga Tadi Reaksi Kimia.
      tapi yang aku tahu semua itu besaral dari tuhan

      Delete
  2. Wanita itu siapa, tinggalnya dimana? kalau ada dimana Linknya? Apa bener didalam mie instant ada kandungan racun arsenic? Sungguh terlalu bodoh BPOM kita yang telah membiarkan masyarakat Indonesia mengkonsumsi racun setiap hari.

    Kesimpulan saya ini berita HOAX....

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca jangan setengah-setengah lah Bro~
      hhahaha

      Delete
  3. Coba diteliti lagi http://hoax.wordpress.com/2007/01/06/yang-berbahaya-di-lingkungan-kita/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukankah saya juga cukup jelas menerangkan kalo ini adalah hal yang mustahil alias Hoax? silahkan di cek penjelasan antara Isi Pesan dan Fakta, bukankah bertolak belakang? tolong dikoreksi kesalahannya dimana :)

      Delete
  4. apa pria jg bisa seperti hal diatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal seperti ini tidak mungkin terjadi baik kepada pria maupun wanita, mie yang mengandung arsenik sangat tidak mungkin bisa beredar di masyarakat, karena arsenik adalah racun yang sangat berbahaya, Pesan ini hanya pekerjaan orang-orang iseng yang tidak bertanggungjawab

      Delete
  5. Saya juga menguraikan hal yang sama di blog saya:

    http://lewatgaris.blogspot.com/2013/03/hoax-soal-racun-arsenic-pentoxide-dan.html

    oh ya, tambahan, hoax racun arsenic ini nggak hanya Mie + Coklat. Tapi sering juga dibilangnya muncul kalau konsumsi Seafood + Jeruk/Vit. C

    ReplyDelete
    Replies
    1. analisisnya bagus, saya sudah membacanya sebelum anda komen disini :) keep the good work

      Delete
  6. Oke.makasih bgt atas infonya..
    Minta ijin shere

    ReplyDelete
  7. hoax ato ngga sudah baik mau berbagi info. tinggal kita memanfaatkn saja dg baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbagi pesan hoax sama dengan menipu dan pembodohan, menyebarkan ketakutan dan kebingungan ke masyarakat, dimana letak kebaikannya? CMIW

      Delete
    2. Saya: Dea, kerabatmu ada yang meninggal.

      Dea: Hah?!! HUAPAH?? Nggak ada tuh udah dicek kok. kamu kok ngasi kabar hoax sih. Ngagetin aja. jahat kamu.

      Saya: ya.. saya kan sudah baik berbagi info. Tinggal kamu bisa manfaatkan dengan baik atau nggak.

      CMIIW

      Delete
  8. Ada yang nge-share hoax ini di jejaring sosial. Bikin bete.

    Rajin-rajin aja ya ngebongkar mana yang hoax dan mana yang beneran :)

    ReplyDelete
  9. sy pernah melakukan hal ini tapi tak terjadi apa2. . apa efek ini bisa terjadi tidak pada semua orang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak akan pernah terjadi kesiapapun karena memang cuma hoax :)

      Delete
  10. Hoax, gak bner tu,, mgkin critanya sih bner tp di kasus itu kemungkinan besar coklatnya yg emg beracun,,

    Coba tengok, ini malah ada makanan olahan dr mie + coklat

    Ini berita liputan SCTV & sebuah blog

    http://m.liputan6.com/read/425239/rasakan-sensasi-mie-coklat

    http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/11458/mi-goreng-renyah-siram-cokelat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Hoax, Labelnya aja BROADCAST HOAX, coba dibaca lagi saya sudah menjelaskan kalo arsenik itu unsur alami yang tidak terbentuk karena pencampuran unsur-unsur lain

      Delete
  11. Bahkan tak perlu sampai mati orangnya, untuk menimbulkan mees line.

    Kemoterapi saja dapat memunculkan mees line sebagai efek samping.

    ReplyDelete
  12. lucu sekali membca kmtar @dea ayui buat apa ambil nilai positif dari berita hoax?' & malah bertrima kasi sama yg share ni hoax.. aduh berita hoax kaya gni mnding dikupas scra tntas supaya g menimbulkan keresahan & kecemasan akan mengknsumsi makanan ... terima kash juga buat bung @metronome perbnyk artikek yg kykni supay bisa membdakn mana yg hoax/tidak

    ReplyDelete
  13. Apakah semuan mie mengandung jat seperti itu?? atau mungkin orang yang tidak bertanggung jawab melakukannya.

    ReplyDelete
  14. "...Jangan makan coklat pada saat yang 'Bersamaan' !!!" => bagian ini lucu nih.

    Biasanya kan orang makan mie, dimakan bersama kerupuk, telur, atau daging. Siapa sih yg makan mie campur coklat?

    Apa nggak sekalian aja, jangan makan mie pake kuah es krim. :D

    ReplyDelete
  15. Saya jualan MIE COKLAT. Sampe kenyang sya makan MIE COKLAT itu, tpi g kenapa2..

    ReplyDelete
  16. Saya produsen MIE COKLAT, sempet was2 baca ini.
    Tpi perasaan kalo diinget2, saya udh habis puluhan butir MIE COKLAT. Tapi alhamdulillah g knpa2..
    Ni masih bsa ngomen..

    ReplyDelete
  17. udah pasti banget ini hoax-,- harusnya kan udang sama vit.c/jeruk kenapa diganti jadi mie sama coklat? -_-

    ReplyDelete
  18. salut ama isi blog ente gan, ane pembaca seti ente, baru kali ini ane komen di blog orang gkgk.
    salam kenal gan :)

    ReplyDelete
  19. kok gak ada tombol subscribe nya di blog ente bang? ane pengen subscribe T_T

    mampir bang ke blog hina ane kutualay.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. Akhirnya tahu juga infonya, ijin shared. Berbagi cerita yach.. sahabatku hampir gagal nafas gara-gara keracunan coklat, seluruh badannya memerah seperti gatal-gatal tak dapat di kompromi. Awalnya die mengira bahwa ini tindakan orang iseng (diguna-guna karna kebetulan sahabat saya percaya seperti ini ) sampai dia tidur dilantai.

    Akhirnya dengan nafas yang berdebar-debar dia menelfon temennya yang berprofesi perawat nah untuk lanhkah awal buat menanggulanginya adalah minum air hangat sebanyak-banyaknya dan diusahakan orang yang keracunan sampai piois (hal ini menurunkan racun coklate hingga tidak mengendap pada jaringan kulit, daging, darah dan hati )

    setelah diselidiki ternyata dia makan mie rebus selang setengah jam minum coklate panas. Nah antara satu orang dengan orang lain berbeda antibody nya sehingga tidak semua orang mengalami keracunan semacam ini.

    Orang yang kulit hitam cenderung lebih kuat dan yang kulit putih cenderung rawan lena racun. Karena kita bertiga dan yang satu (sahabat saya ) doank yang keracunan.

    Salam semoga lebih berhati2

    ReplyDelete
  21. Bisa jadi kejadian org mninggal gara2 makan mie dan coklat benar2 terjadi.

    Qt smua mengenal ada org yg alergi atau sensitif berlebihan terhadap coklat, seafood, mi instan,dll.

    Nah bagi penderita alergi sangat dsarankan dokter menjauhi/menghindari bahan2 yg membuat alerginya kambuh. Pada kasus alergi yg parah, seandainya qt ambil contoh alergi cokelat. Bbrp saat stlah mengkonsumsi coklat pederita bs menderita anafilaxis shock. Cirinya bs muntah2, ruam sluruh badan, sesak nafas hingga kematian krn gagal pernapasan.

    Kemungkinan besar brita tsb kurang mencantumkan apakah si korban mnderita alergi atau tidak.

    But overall, bagus jg pembahasannya. Ga mungkin jg mie ato coklat mengandung arsen bs lolos BPOM,dan beredar dpasaran.

    ReplyDelete
  22. Bisa jadi kejadian org mninggal gara2 makan mie dan coklat benar2 terjadi.

    Qt smua mengenal ada org yg alergi atau sensitif berlebihan terhadap coklat, seafood, mi instan,dll.

    Nah bagi penderita alergi sangat dsarankan dokter menjauhi/menghindari bahan2 yg membuat alerginya kambuh. Pada kasus alergi yg parah, seandainya qt ambil contoh alergi cokelat. Bbrp saat stlah mengkonsumsi coklat pederita bs menderita anafilaxis shock. Cirinya bs muntah2, ruam sluruh badan, sesak nafas hingga kematian krn gagal pernapasan.

    Kemungkinan besar brita tsb kurang mencantumkan apakah si korban mnderita alergi atau tidak.

    But overall, bagus jg pembahasannya. Ga mungkin jg mie ato coklat mengandung arsen bs lolos BPOM,dan beredar dpasaran.

    ReplyDelete
  23. Takdir tuhan tidak ada yang mengetahui, bukan karena mie+ coklat saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nich om..bukankan sudah d ingatkan.. "makanlah sesudah lapar,berhentilah sebelum kenyang"

      Delete
    2. nah bener tuch om...kan udh ada warning'y Makanlah sesudah lapar,,berhentilah sebelum kenyang....
      cadasss.....:)

      Delete
  24. Mo share nih, mgkn bener ya tiap org ada yg alergi coklat ato yg lainnya, tapi saya inget2 saya pernah abis makan mie instan saya minum susu coklat atau kopi susu Alhamdulillah gaa kenapa2, yah mgkn salah 1 dari berita ini adalah setelah makan mie dan makan coklat kontraknya di dunia memang udah habis......bener jg jangan nyalahin mie n coiklatnya.....

    ReplyDelete
  25. kalo menurut saya sebaiknya jangan terlalu berlebihan aja gan, segala yang berlebihan kurang bagus untuk tubuh.. apalagi ini mie - kan kita gak tau tuh mie dibuatnya gimana dan bahan-bahan kimia di dalamnya apa aja.. :D

    ReplyDelete
  26. Lah barusan gw makan coklat.. Trus skrang gw makan mi..

    ReplyDelete
  27. btw boleh minta template nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. APA CARA MENANGANI RACUN TERSEBUT ????

      Delete
    2. GIMANA CARA MENANGANINYA ????

      Delete
  28. BAGAIMANA CARA MENGATASINYA ?????

    ReplyDelete
  29. BAGAIMANA CARA MENGATASINYA??????

    ReplyDelete
  30. BAGAIMANA CARA MENANGANINYA???????

    ReplyDelete
  31. Terimakasih banyak min info KESEHATAN nya bermanfaat banget soalnya, udahmulai lagi nih ada di FB yg nyebarin berita HOAX tentang mie dan coklat hehehehehe salam kenal dari newbe

    ReplyDelete
  32. terimakasih min sangat membantu untuk informasinya semoga saja yg buat informasi HOAX tersebut lekas bertobat, salam

    ReplyDelete
  33. pakek logika aja, kalo emang makan mie trus langsung makan coklat dalam jumah banyak berbahaya dan bisa bikin orang mati, PASTI DOKTER2 SUDAH TAU DARI DULU, karena mie dan coklat juga sudah ada dari dulu, dan dikonsumsi orang orang dari jaman dulu...dan Dokter2 di seluruh dunia pasti udah ngelarang. Di tulisan hoax itu juga gak disebutkan lokasi kejadian, dan darimana dia dapat kesimpulan reaksi kimia gak jelas itu. Lagian mie kan bahanya beda2, dan disini gak disebutkan mi macam apaan yang ada as205 di dalamnya, cuma disebut "mie" doang.
    tapi min, menurut ente ada sesuatu kah di balik cerita hoax ini?, ada tujuan tertenu?

    ReplyDelete
  34. dibalik hoax atau tidaknya, saran saya selalu sediakan madu, jika keracunan minumlah air putih yg telah dicampur banyak garam, biar anda muntah / mengeluarkan racun dari perut. lalu minumlah madu segera.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer