Breaking News
Loading...

Danau Vostok, Tempat Sempurna Para Cryptozoologist

09:36
Ads by Google

Danau Vostok, dalam bahasa rusia disebut Восток, adalah danau terbesar di Antartika, dari sekitar 400an danau subglacial. Terletak di selatan Pole of Cold, dibawah lapisan permukaan es Antartika Timur. Tepat di bawah stasiun Vostok milik Rusia, yang terletak di ketinggian sekitar 3.488m DPAL, permukaan airnya terletak sekitar 4000m, dibawah permukaan es, artinya  danau tersebut berada 500m dibawah permukaan laut. Dengan panjang sekitar 250km dan lebar rata rata 50km, terbentang di areal seluas 15,690 km2, 


memiliki kedalaman rata-rata 350m, terbagi kedalam dua buah basin yang dibatasi oleh sebuah natural ridge. Artinya danau subglacial ini lima kali lipat lebih besar dari danau Toba, dan 265 kali lipat danau Loch Ness di Skotlandia.



Danau ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli georafi Rusia bernama Andrey Kapitsa, berdasarkan pengukuran seismic selama Soviet Antartic Expedition 1959 dan 1964 untuk mengukur kedalaman es di Antartika. penelitian dilanjutkan kembali setelah era perang dingin usai,  Danau Vostok kembali diteliti oleh peneliti-peneliti dari Inggris dan Rusia tahun 1993 sampai keberadaannya berhasil dikonfirmasikan oleh J.P Ridli dengan menggunakan ERS-1 Laser Altimetry

Pada tahun 2012, dilakukan pengeboran terhadap danau ini, lapisan-lapisan es yang ditemukan menjadi perekam kondisi iklim purba selama 400.000 ribu tahun, meskipun demikian air di Danau Vostok diperkirakan telah terisolasi selama 15 sampai 25 juta tahun. pada 5 Februari 2012, peneliti Rusia mengklaim telah berhasil mencapai permukaan danau, artinya air danau ini dengan sendirinya akan menyembur melalui lubang pengeboran.

Jadi, dimana misterinya kali ini? saya tidak bisa memastikannya ada, tapi sebentar, biar saya mengulas lebih jauh mengenai danau Vostok ini.



Antartika terpisah dari Afrika sekitar 160 juta tahun yang lalu, diikuti dengan pemisahan sub kontinental India diawal zaman Cretaceus (125 juta tahun lalu) sekitar 65 juta tahun yang lalu, Antartika menyatu dengan Australia, masih memiliki iklim tropis dan subtropis, lengkap dengan binatang marsupial dan hutan hujan tropis. (Continental Drift Theory Alfred Weber).

Air danau ini, terisolasi dibawah lapisan es sekitar 15 juta tahun yang lalu, artinya air tersebut diperkirakan adalah air yang sama dengan air dimasa pembentukan danau tersebut, hal ini memberi kita *Residence time selama sekitar satu juta tahun. Waktu yang cukup panjang untuk mengetahui organisme apa saja yang berkembang di wilayah tersebut. Fakta lain dari Danau Vostok ditemukan pada tahun 2005, ketika peneliti dari Jerman dan Jepang berhasil mengidentifikasi gerakan pasang surut air di danau ini. Peristiwa tersebut terjadi akibat pergerakan posisi bulan dan matahari, permukaan airnya naik sekitar 12mm pada saat pasang. Danau ini gelap total, dengan tekanan 354.60 Bar, tapi sangat kaya dengan kandungan oksigen, sehingga munculah spekulasi bahwa ada organisme yang berhasil bertahan hidup di bawah ribuan meter lapisan es. Siapapun pasti akan mempercayai mahluk yang mampu bertahan hidup dikondisi ekstrim Danau Vostok adalah mahluk yang sama sekali belum pernah dilihat oleh manusia.



So? there's the Mystery, right behind our nose, sebuah danau raksasa, tersimpan jutaan tahun dibawah permukaan es, mahluk criptid apa yang mungkin bersembunyi didalam sana? bahkan Loch Ness danau yang sangat kecil jika dibandingkan dengan Danau Vostok pun menyimpan misteri yang tidak terpecahkan. Lebih jauh lagi Sergei Bulat, ketua peneliti Rusia's Antartic Expedition, mengatakan;

Berdasarkan penelitian kami, jumlah oksigen ditempat itu 10-20 kali lebih banyak dari tempat lain di permukaan bumi, bentuk kehidupan ditempat itu cenderung unik dan berbeda dibanding kehidupan lain di permukaan bumi”.

Tapi tunggu dulu, memang dipermukaan bumi tidak ada kehidupan dan kondisi lingkungan yang sama dengan danau Vostok, tapi bukan berarti tidak ada tempat lain yang sama, sedikit kita menjauh dari bumi, Europa satelit misterius Jupiter, memiliki kondisi yang sangat menyerupai Danau Vostok, artinya? yeah itu benar sekali,  jika kehidupan di Danau Vostok berhasil ditemukan, kemungkinan yang sama juga berlaku untuk Europa, so there they are, the alien!

Jika saya menanyakan pendapat anda, setujukah anda dengan penelitian dan eksplorasi Danau Vostok? penelitian yang akan mengungkap kehidupan pra tersier. Sedikit tambahan, para aktivis lingkungan menentang penelitian ini, alasannya mereka ingin membiarkan air Danau Vostok tetap tidak tersentuh oleh manusia, alasannya air tersebut kemungkinan adalah air terbersih di planet ini. Hanya itu kekhawatirannya? tidak! kekhawatiran lain  yang muncul adalah monster yang hidup di danau tersebut, bukankah danau itu masih asing untuk manusia? kita tidak tahu apa yang menunggu kita di dalam sana. Seperti di film The Thing? im kidding.



Bahaya yang lebih mungkin adalah exsplorasi Danau Vostok melepaskan bakteri atau mungkin virus yang hidup jutaan tahun terisolasi, organisme yang sama sekali belum dikenal oleh manusia, jika saja mereka berbahaya dan bisa menginfeksi manusia, bisa dipastikan butuh waktu untuk membuat penangkalnya, itu jika mereka memberi kita waktu untuk mengembangkan penangkalnya, ingat mereka organisme yang sangat kuat yang mampu bertahan di lingkungan exstrem.

Ternyata kekhawatiran saya sudah lebih jauh dipikirkan oleh tim peneliti ini.

Semuanya, termasuk sampel itu sendiri ditangani dengan sangat hati-hati, dengan dekontaminasi menggunakan radiasi, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan”. Statmen Valeriy Lukin, kepala Antartic Expedition ke media.

Cukup melegakan, sementara virus HIV dan H5N1 pun sudah cukup merepotkan, kita tidak butuh virus lain yang lebih berbahaya.

Satu lagi statement yang cukup mengada ada muncul kepermukaan, terkait harapan baru untuk menemukan pangkalan militer yang dibangun Nazi di lapisan es yang sama. Berdasarkan statmen Grand Admiral Karl Dontiz yang mengatakan kepada Adolf Hitler pada tahun 1943

Armada kapal selam Jerman bangga bahwa kami berhasil menciptakan sebuah benteng tak tergoyahkan untuk Fuhrer di ujung lain dunia."

I dont wana talk abaout it at this time.

Terakhir, apakah benar Danau Vostok menyimpan kehidupan? pertanyaan ini bisa terjawab jika para peneliti berhasil menyimpulkan seperti apa Danau Vostok terbentuk. Jika danau ini terbentuk ketika Antartika sudah membeku dan es mencair akibat pemanasan oleh inti bumi, peluang ditemukannya kehidupan di danau ini sangat tipis, bahkan microorganisme sekalipun. Tapi jika danau ini terbentuk ketika Antartika masih hangat, semuanya masih sangat mungkin, termasuk mahluk-mahluk kriptid yang berhasil bertahan. 

*waktu yang dihabiskan oleh partikel dalam sistem tertentu, sederhananya Residence time dimulai saat partikel dari sistem partikel tertentu mulai bergabung dengan sistem tersebut dan berakhir ketika partikel tersebut meninggalkan sistem itu. 

3komentar:

  1. nice, gan.. tapi aku yakin rasa ingin tahu ditambah sedikit kenekatan yg dimiliki manusia denan mengabaikan resiko jangka panjang,,, maka hal2 seperti "berhati-hati' dan "menjaga keaslian' akan diabaikan begitu saja, lets see...

    ReplyDelete
  2. mungkin dibwh sana masih terdapat ikan purba/monster sejenis nessie .!!! wow siapa yg tau.??

    ReplyDelete
  3. kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnn>< makasih infonyaa

    ReplyDelete

 
Toggle Footer