Breaking News
Loading...

Misteri Menghilangnya Pria Florida ke Dalam Lubang yang Tiba-tiba Muncul di Kamar Tidurnya - Penjelasan

17:42
Ads by Google
Florida - Seorang pria di Florida, Amerika Serikat (AS) menghilang setelah terjatuh di dalam lubang “sinkhole’' yang tiba-tiba muncul di rumahnya. Lubang ini muncul tepat di dalam kamar tidurnya dan dia diduga telah tewas. Seperti dilansir AFP, Jumat (1/3/2013), insiden tak biasa ini terjadi di wilayah Brandon, yang ada di pinggiran Tampa, Florida, AS, pada Kamis (28/2) malam waktu setempat. Polisi yang dipanggil ke lokasi kejadian terkejut ketika menemukan lubang di tanah dengan diameter 30 meter di dalam rumah korban. Saudara laki-laki korban (36) menceritakan kronologi kejadian yang berlangsung cukup cepat tersebut. Menurut pria yang tidak disebutkan namanya ini, dirinya mendengar suara teriakan dari dalam kamar korban. Ketika menyadari bahwa korban terjatuh ke dalam lubang tersebut, pria ini berusaha menariknya keluar namun usahanya sia-sia.


Hingga saat ini polisi belum berhasil menemukan keberadaan korban yang jatuh ke dalam lubang yang tidak diketahui kedalamannya ini. Aparat setempat bahkan menggunakan peralatan khusus untuk mencari keberadaan korban, namun alat tersebut malah ikut hilang di dalam lubang. Oleh karena itu, dugaan sementara, korban sudah tak bernyawa. "Belum dipastikan, tapi dugaan sementara (sudah tewas). Tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan korban masih hidup," ucap juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Hillsborough County, Jessica Damico kepada CNN.

Hingga saat ini, diameter lubang ini diperkirakan masih akan terus membesar. Otoritas setempat pun bergegas mengevakuasi sejumlah warga di dekat lokasi kejadian sebagai langkah antisipasi, jika lubang tersebut terus membesar. news.detik.com Jumat, 01/03/2013.

Peristiwa apakah yang sedang terjadi? Sabotase, Percobaan Militer atau Aktifitas UFO? peristiwa serupa juga pernah terjadi di beberapa tempat di belahan bumi, sebuah lubang raksasa pernah terjadi di Sichuan, Cina. Lubang dengan lebar lebih dari 21 meter ini terjadi tiba-tiba dan belum diketahui sebabnya. Lubang yang mirip kawah ini ada di halaman belakang rumah Zhang Fengrong, 58 tahun. Tahun 1998, di sebuah jalan tol di Zhejiang, juga muncul lubang raksasa selebar 8 meter. Schamalkalden, Jerman juga pernah mengalami kejadian serupa.

 


Penjelasan
Fenomena lubang raksasa ini disebut Sinkhole,  sink, snake hole, swallow hole, swallet, doline, atau cenote. Penduduk lokal Gunung Kidul, Yogyakarta menyebutnya dengan istilah "Luweng". Sinkhole memiliki ukuran yang berbeda-beda, antara 1-600meter, kedalaman maupun diameternya, Sinkhole bisa terbentuk secara bertahap maupun secara tiba-tiba. Sinkhole muncul ketika sepetak tanah runtuh dan meninggalkan jejak seperti kawah di permukaan Bumi. 

Fenomena ini biasa terjadi di daerah kapur, yang memiliki sifat mudah larut, derah seperti ini sering terjadi pelarutan di gua-gua bawah tanah. Pelarutan ini menyebabkan struktur penyangga atap gua tidak mampu menahan beban tanah yang ada di atasnya, dampaknya permukaan tanah yang ada di atasnya mengalami Subsidence. Di beberapa kasus, air tanah mengisi saluran gua-gua bawah tanah karena kekeringan atau karena manusia mengalihkan aliran air tanah untuk pertambangan, air minum atau irigasi. Tanpa adanya dukungan air dari bawah, tanah di atas akan runtuh.


  


Menurut US Geological Survey (USGS), fenomena ini umum terjadi di Florida, Texas, Alabama, Missouri, Kentucky, Tennessee dan Pennsylvania. Tanah di bawah negara-negara ini kaya akan batuan yang mudah larut seperti kapur, karbonat dan garam. Ketika air tanah mengalir melalui batuan ini, air menggerogoti batuan ini dan menyisakan lubang di bawah tanah dan gua. Artinya fenomena ini bisa saja terjadi di manapun, di wilayah dengan struktur utama batuan kapur.

Jadi kali ini satu-satunya misteri yang muncul dari tulisan ini adalah kondisi terakhir korban yang belakangan diketahui bernama Jeffrey Bush. terakhir yang didengar darinya adalah teriakan minta tolong yang didengar oleh saudaraya Jeremy, yang tidak bisa melakukan apapun untuk menolongnya. 



7komentar:

  1. Ntar jadi Journey to the center of the Earth nich. Gimana kalo kejadian di kebun belakang rumah saya ya ? Mungkin gak Bang Somet ?............

    ReplyDelete
  2. Rumah bang mupar sangat mungkin, karena banyak lubang2 tikus di halaman belakang hahahaha

    ReplyDelete
  3. wow smga diindonesia tdk terjdi peristiwa seperti ini

    ReplyDelete
  4. diameter 30 meter kok rumahnya masih utuh??

    ReplyDelete
  5. diameter 30 meter kok rumahnya masih utuh??

    ReplyDelete
  6. Kalau lubang~nya 30 meter kenapa ngak buka kolam bernang aja........ B-)

    ReplyDelete

 
Toggle Footer